Rabu, 17 September 2014

kesenian , makanan dan ciri khas kota lawang




bantengan di daerah lawang khususnya ketindan lekat sekali. terkadang bantengan di pakai pada acara-acara tertentu seperti ada hajatan, nikahan atoupu bersih desa. bantengan di kelolah oleh beberapa komunitas di desa-desa tertentu . pemainnya pun dari anak keci, dewasa hingga orang tua pun ikut serta di dalamnya. bantenganpun banyak di gemari di kala di perlukan dalam acara-acara tertentu .
  sebuah seni pertunjukan budaya tradisi yang menggabungkan unsur sendra tari, olah kanuragan, musik, syair atau mantra yang sangat kental dengan nuansa magis.
sumber : http://foto.liputan6.com/show/1/36755/543533/bantengan-seni-khas-batu-malang



mkanan khas kota lawang

Nah bagi yang mudik, tidak lengkap tampaknya tanpa membawa oleh-oleh khas kota Lawang. Mulai dari madu hasil kembang biak dari agrowisata Tawon (saya lebih suka beli potongan madu aslinya), onde-onde HTS yang terkenal, lumpia dan risoles toko Mungil, sampai berbagai penganan dengan berbahan dasar telo atau ubi ungu yang bisa ditemukan di toko Bakpo Telo.
bakpo telo dari wikimapia
Di toko oleh-oleh tersebut tak hanya penganan andalan masing-masing yang dijual, tapi juga berbagai keripik khas Malang, sebut saja keripik tempe, keripik kentang, hingga keripik buah-buahan. Koper saya selalu penuh dengan makanan daripada baju saat balik ke Jakarta:p
teh-naga-plastikBagi penikmat kopi, jangan sedih, saya pernah minum kopi luwak di Bakpo Telo dengan harga murah meriah. Malang adalah salah satu produsen kopi terbesar di Malang. Kopi premium dari Lawang adalah kopi rolas. Dan jangan lupa bawa teh rolas atau teh naga sebagai oleh-oleh ya. Di Jakarta, di salah satu kedai teh bilangan Kemang, teh rolas dan teh naga ini dijual dengan harga cukup mahal soalnya.
Sebagai kawasan yang menata diri untuk pariwisata, lawang juga dilengkapi dengan fasilitas hotel. Hotel nyaman dengan budget cukup terjangkau saya rekomendasikan Hotel Arjuna, Hotel Raya dan Hotel Niagara di dekat pasar Lawang, serta Hotel Malang Anggun Sejahtera di kawasan perumahan mewah MAS. Di dekat hotel Malang Anggun Sejahtera bahkan dibangun juga taman rekreasi waterboom. Sedangkan untuk tempat rekreasi paintball terletak di area Patal. Tapi kalau mau dekat dengan kebun teh sih bisa memilih wisma PTPN XII sebagai tempat menginap.
sumber :  http://dev1ra.wordpress.com/2013/08/08/lawang-riwayatmu-kini/

ciri khas kota lawang
Kawasan yang berada di belakang kantor Kecamatan Lawang ini begitu khas. Berada di sana membawa kita ke suatu atmosfer masa silam. Bangunan- bangunan yang ada sangat kental suasana colonial. Mengingatkan kita akan nostalgia masa pendudukan bangsa asing negeri ini.
Kehadiran mereka pula membawa budaya asalnya. Itu juga termasuk dalam seni bangunan, walau harus melalui bermacam adaptasi terhadap iklim di sini. Melihat begitu banyak sisa bangunan lama disana, memberi bukti, betapa daerah Lawang ini sangat disukai pada masa itu.
Ragam bangunan yang ada di Lawang-Malang, menurut Dwi Cahyono, sumber Mossaik, bisa disebut dengan Seni Bangun Indis. “Di Lawang walau bukan Ibukota Kabupaten, bisa dibilang memiliki peninggalan bangunan Indis yang cukup banyak. Dan beberapa diantaranya terbilang besar,” ujarnya. Salah satunya Hotel Niagara, yang dari awal berdirinya sudah berfungsi sebagai hotel. Dan di bagian Selatan Lawang juga terdapat tangsi (basis) Militer, tepatnya di daerah Bedali. Dan beberapa yang lain.
Dari sekian jumlah bangunan yang ada berfungsi sebagai rumah tinggal, kantor, penginapan dan fasilitas umum lainnya. Menurut sejarawan asal Malang ini, menunjukkan kalau Lawang memiliki arti penting di masa Kolonial. Beberapa alasan kenapa Lawang dianggap sangat strategis. Pertama, dikelilingi oleh area perkebunan yang dulu juga menjadi perhatian di masa Kolonial. Didukung oleh pemandangan alam, di sebelah Barat panorama gunung Arjuna. Di sebelah Timur juga tampak pegunungan. Hal ini sangat menguntungkan untuk area pemukiman.
sumber : http://jawatimuran.wordpress.com/2012/06/02/kota-lama-lawang-malang/

2 komentar:

  1. kota lawang, kota kelahiran...trima ksih dah share...

    BalasHapus
  2. sorry to say, saya penduduk lawang.. lawang itu kecamatan, bukan kota --,

    BalasHapus